Ulasan 2 - Introduction to Semaphore

Halo! Kali ini saya akan membahas mengenai semaphores dari video "Lecture 2, unit 1: Introduction to Semaphores". Video yang diunggah oleh Mike Swift ini sudah ditonton 120 ribu kali. Video yang berdurasi 7 menit 50 detik ini mendapat banyak komentar positif dan likes dari penontonnya. Berikut link video tersebut : https://youtu.be/KZU4ANBoLTY.

Motivasi menggunakan semaphore; mengapa kita membutuhkan semaphore sedangkan kita bisa menggunakan lock yang mana cara kerjanya mirip?. Alasannnya sederhana, lock hanya memberikan satu jenis operasi yang mutual ekskusif, lock memastikan hanya satu thread yang mengakses bagian yang di'lock'. Berbeda dengan lock, semaphore mengizinkan ke X threads untuk mengeksekusi critical point/object (tergantung dari kekuatan CPU). 

Semaphore yang ditemukan oleh Edsger Dijkstra pada tahun 1965 ini memiliki konsep seperti counter yang dimanipulasi menjadi dua operasi atomik: signal & wait. Signal berarti increment counter dan wait berarti decrement counter (jika counter bernilai 0 maka tidak di-decrement). Selama counter bernilai lebih dari 0, maka program akan terus berjalan, sebaliknya program akan berhenti dan akan menunggu signal untuk men-increment counter. Inisialisasi semaphore menentukan berapa jumlah threads yang akan dijalankan secara bersamaan pada suatu waktu.


Menurut saya video ini cukup mudah dipahami karena penjelasannya yang jelas dan padat. Ia juga menjelaskan untuk menggunakan semaphore dengan cermat agar semaphore tidak berlaku seperti halnya mutex lock. Saya juga menemukan sesuatu yang menarik dari video ini, bahwa penemu konsep ini adalah orang yang sama dengan penemu algoritma Dijkstra.


GITHUB Account: rehanhwr
URL Ulasan: https://os-rehanhawari.blogspot.com/2017/12/ulasan-2-introduction-to-semaphore.html

URL Konten: https://youtu.be/KZU4ANBoLTY
Durasi : 07:50
Video Author: Mike Swift
Pemetaan Konten: week07
Tanggal Submisi Revisi Pertama: 2 Desember 2017
Tanggal Submisi Revisi Terakhir: 2 Desember 2017

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RANKING09 ULASAN PESERTA OS 2017-2

RANKING05 ULASAN PESERTA OS 2017-2